Giok Aceh yang Mendunia



AV-Banda Aceh: Siapa yang tidak tahu batu giok?, Selain kecantikannya, batu yang mengandung nilai seni alami ini juga di percaya sebagai pembawa tuah.

Di Aceh giok mulai populer lima tahun silam. Bermula dari seorang pria renta yang membawa batu dari Butong Ateuh,Kabupaten Nagan Raya ke Banda Aceh.

Pecinta batu kala itu lantas membawa batunya ke Bandung, Jawa Barat untuk uji laboraterium. Hasilnya, ya giok. Sejak itu daerah Aceh diketahui memiliki batu elok ini.

Kini, giok menjadi riasan andalan di jemari pria Aceh. Mata anda mungkin berbinar sekilau giok bila mendengar harganya. Seratusan ribu hingga jutaan rupiah. Maklum giok batu mulia kelas menengah.

Di toko batu cincin di kawasan Keutapang, Aceh Besar ini tersedia beragam batu giok Aceh. Mulai dari giok jenis nefrite jade sampai jenis idocrase ada di sini.

Harganya sangat tergantung kualitas dan jenis serta coraknya. Termasuk berapa besar yang anda inginkan. Untuk jenis giok super dihagai Rp 2 juta bahkan ada yang dijual sampai puluhan juta rupiah.

Semenjak menjuarai event bergengsi batu giok di Jakarta beberapa bulan lalu, batu giok Aceh semakin kesohor. Ramai pecinta batu dari daerah di Indonesia seperti Jakarta, Padang, Sulawesi dan Ternate berburu giok ke Aceh.

Selain itu jailani pemilik toko Joy ini juga melayani pesanan dari luar negeri seperti Jerman, Malaysia, Brunei Darussalam dan Korea Selatan.

Batu-batu mulia ini berasal dari penambang tradisional di Nagan Raya dan Aceh Tengah.
Kini batu giok asal Aceh merupakan batu giok terbaik di Indonesia. Di tingkat dunia, batu giok Aceh berada di urutan ketiga setelah giok Burma dan China. (Taufik Kelana)

Share this video :
 
About Us | Redaksi | Pedoman Media Siber
. Support: Acehadvertising.com
Copyright © 2013. Aceh Video - All Rights Reserved